selamat Datang

Selasa, 03 Januari 2012

Contoh RPP

Tugas individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DI SUSUN
O
L
E
H
NAMA           : Ahmad Bahroyni
NIM                : 311000239
KELAS          : A PAGI
PRODI           : MATEMATIKA


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(STKIP PGRI PONTIANAK)
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Standar Kopetensi     : Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kopetensi Dasar          : Melakukan operasi hitung bilangan pecahan. Menyelasaikan operasi hitung perkalian dan pembagiaan pada benttuk pecahan.
Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung perkalian dan pecahan pada                   bentuk pecahan.
Materi Ajar                  :  Bilangan Pecahan.
Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, diskusi kelompok.
Model Pembelajaran   :  Pengajar lebih aktif dari peserta didik.
Pendekatan pembelajaran : kontektual, konkret,  semi konkret dan simbolik

1.      Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan awal
Ø  Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam besama-sama.
Ø  Guru menugaskan kepada ketua kelas untuk memimpin doa menurut keyakinan masing-masing.
Ø  Guru mengapsen siswa dan siswa menjawab absen.
Ø  Guru menjelaskan tentang operasi hitung perkalian dan pembagian pada bentuk pecahan dan siswa dan siswa memperhatikan cara-cara pengoprasian.
Ø  Guru mengingatkan kembali meteri sebelumnya yaitu mengubah bentuk pecahan ke pecahan yang lain dan siswa merespon aktif.
Ø  Motivasi : apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
b.      Kegiatan inti
Ø  Eksplorasi      : guru menjelaskan cara menyelesaikan opereasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan, selanjutnya guru memberikan gambaran secara umum yang membahas tentang bilangan pecahan. Dari hasil penyampaian materi, guru memberikan contoh penyelesaian penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.
 . kemudian guru memberikan contoh soal-soal yang dikerjakan bersama-sama.
Ø  Elaborasi        : guru menyuruh siswa membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang. Kemudian guru memberikan bahan ajar yang akan didiskusikan oleh siswa, serta memberikan latihan dari buku paket/LKS setelah itu siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
Ø  Konfirmasi     : guru menyuruh siswa untuk bertanya apabila masih ada materi yang belum dipahami dan siswa kemudian membahas semua materi yang dipelajari dan menganbi kesimpulan dari semua hasil diskusi.
c.        Kegiatan penutup
Ø  Merangkum materi : Guru membimbing siswa untui membuat rangkuman selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, kemudian siswa mengambil kesimpulan dari hasil rangkumannya.
Ø  Memberikan evaluasi : Guru memberikan evaluasi kepada murid dan memberikan berbagai soal yang nanti nilainya dimasukan kedalam daftar hasil nilai siswa.
Soal.   
1.
2.
3.
Kunci jawaban:
1.     
2.     
3.     
Ø  Tindak lanjut : Guru memberikan tugas atau PR
1.     
2.     
3.     
Ø  Kunci jawaban :
1.     
2.     
3.     
Media/ Alat Peraga :
1.      Kartu Do Mi No
2.      Potongan Kertas Manila
3.      Buah Apel
Sumber Buku :
1.      Buku Matematika Kelas Vii Penerbit Erlangga
2.      Buku Matematika Kelas Vii Penerbit Intan Pariwara

Evaluasi / Penilaian
Ø  Tehnik Tes     : Tes Tertulis
Ø  Instrumen tes : menghitung dan isian, uraian singkat, pilihan ganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"http://createdkami.blogspot.com" "http://i700.photobucket.com/albums/ww6/mandalika3/soniclari.gif"